6 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti , Mudah Banget

By | Februari 11, 2019
Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti – Dalam menggunakan smartphone terutama berbasis sistem android memang sering kali kita menemui sebuah masalah yang sepele akan tetapi sangat mengganggu sekali jika sering terjadi, seperti salah satunya masalah pada android yang sering terjadi yaitu tepatnya pada aplikasi dengan masalah aplikasi tiba tiba berhenti dan keluar sendiri.

Selain itu juga terkadang muncul sebuah notifikasi dengan tulisan “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti“atau dalam bahasa inggrisnya yaitu “Unfortunately, Force Closes has stopped“, jika hal tersebut terus terjadi maka sangat membuat tidak nyaman sekali.

unfortunately force closes has stopped

Apalagi ketika kita sedang menggunakan suatu aplikasi , misalnya aplikasi game. Pada saat kita sedang asik asiknya memainkan Game PUBG akan tetapi aplikasinya malah tiba tiba berhenti dengan notif seperti yang sudah disebut tadi.

Maka dari itu anda sangat ingin segera mengatasinya, akan tetapi sebelum memberikan bagaimana cara mengatasinya, anda perlu juga untuk mengetahui penyebab sayangnya, aplikasi telah berhenti. Berikut penyebabnya,

A. RAM Penuh

Salah satu penyebab aplikasi telah berhenti dan tiba tiba keluar sendiri yang sering dialami akan tetapi juga sering tidak diperhatikan yaitu RAM penuh. Perlu anda ketahui bahwa RAM ini memiliki perang sangat penting dalam mengakses sebuah aplikasi.

Jika terdapat sebuah aplikasi yang berjalan maka RAM termakan sesuai kapasitas aplikasi, jika semakin banyak aplikasi yang dijalankan otomatis lama lama akan habis RAMnya, dan tiba tiba anda juga menjalankan aplikasi lagi akan tetapi RAM sudah penuh. Maka tak heran jika tiba tiba aplikasi keluar sendiri dan sayangnya telah berhenti.

B. Terlalu Banyak Cache yang Menumpuk

Penyebab yang kedua yaitu terlalu banyak cache yang menumpuk pada aplikasi yang muncul notifikasi “SAYANGNYA, APLIKASI TELAH BERHENTI”. Cache sendiri merupakan suatu file sampah, jika dibiarkan maka akan menumpuk dan membuat aplikasi error.

C. OS Android Tidak Support/Kompatibel

Banyak sekali yang menghiraukan mengenai OS android yang tidak kompatibel. Sebelumnya anda perlu mengetahui bahwa semakin harinya android pun juga ikut berkembang dan semakin canggih. Maka aplikasi pun juga ikut berkembang menyesuaikan dengan sistem android terbaru.

Maka tak heran misalnya saja android anda masih jellybeans, sedangkan suatu aplikasi harus menggunakan marshmallow, maka tak heran jika aplikasi tak berjalan dengan lancar.

D. Data Aplikasi Corrupt

Penyebab sayangnya, aplikasi telah berhenti yang terakhir yaitu adanya aplikasi yang corrupt atau file terkorupsi jadi tidak seutuhnya. Maka tak heran jika suatu file ada bagian yang belum terdownload ataupun ada sebagian file error maka tak heran jika aplikasi berhenti tiba tiba.
sayangnya aplikasi telah berhenti
Setelah mengetahui apa saja mengenai penyebab “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” maka saatnya kita mengetahui bagaimana sih cara mengatasi hal tersebut. Berikut ulasanya simak dengan baik.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti


1. Restart Smartphone
Cara yang pertama untuk mengatasi suatu hal yang error pada android anda yaitu coba restart smartphone anda. Ketika sebuah perangkat ponsel yang sudah di restart sistem androidnya maka akan mereset semua hal, maka suatu error atau masalah pun bisa teratasi dengan cepat dan android anda akan normal seperti biasanya.

2. Bersihkan RAM
Selanjutnya mengenai cara mengatasi aplikasi tiba tiba berhenti ataupun keluar sendiri yaitu dengan cara membersihkan ram. Seperti pada awal tadi bahwa penyebab aplikasi error disebabkan oleh penuhnya RAM, maka anda untuk mengatasi hal tersebut tinggal bersihkan RAM saja.

Pada setiap perangkat android tentunya memiliki cara yang berbeda beda untuk membersihkan Ram. Seperti pada hp xiaomi caranya yaitu tinggal sentuh navigasi garis tiga, kemudian tinggal sentuh silang, maka secara otomatis RAM akan refresh kembali.


3. Hapus Cache
Berikutnya yaitu seperti kita ketahui di atas bahwa penyebab aplikasi telah berhenti yaitu dikarenakan cache yang penuh, maka cara mengatasinya tinggal hapus cache. Caranya pergi ke pengaturan > aplikasi > aplikasi terinstall > pilih aplikasi yang error ataupun yang telah berhenti > cache > hapus cache.

4. Install Ulang Aplikasi
Jika menggunakan cara sebelumnya masih error juga, maka coba cara ini yaitu install ulang aplikasi. Seperti pada penjelasan mengenai penyebabnya yaitu file atau aplikasi corrupt maka tinggal diatasi dengan cara uninstall terlebih dahulu aplikasi yang menurut anda error , lalu tinggal download dan install lagi.

5. Update Aplikasi
Pada umumnya memang sebuah aplikasi juga terkadang sering kali terjadi banyak bug, ataupun banyak masalah pada aplikasi yang terkadang kita tidak mengetahuinya. Maka dari itu anda coba update atau lakukan pembaharuan pada aplikasi yang error, agar ketika kita sudah mengunduh atau update aplikasi terbaru maka bug bug sudah teratasi dan suatu masalah juga sudah teratasi.

6. Upgrade OS Android
Cara yang terakhir untuk mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” yaitu dengan cara lakukan pembaharuan pada sistem OS Android. Seperti anda ketahui jika ada penyebab aplikasi berhenti dikarenakan tidak kompatibel, maka untuk mengatasinya dengan cara upgrade OS android anda. Pada umumnya setiap smartphone berbeda beda untuk melakukan pembaharuan pada sistem androidnya.
Jadi itulah mengenai bagaimana cara mengatasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” , semoga bermanfaat untuk anda yang sering aplikasinya suka error dan tiba tiba berhenti sendiri, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *